PROFIL

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Prakata Plt. Kepala SMAN 1 Situbondo

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Salam sejahtera untuk kita semua.

Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah, Swt. atas nikmat iman, sehat, dan keberkahan usia sehingga kita mampu melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan baik dan lancar. Selawat dan salam selalu kita panjatkan untuk baginda Nabi Muhammad, Saw. Berkat beliaulah kita senantiasa dapat menjalani kehidupan dengan lebih mudah dan terarah.

Pertama, saya berbahagia karena mendapat amanah bergabung dengan keluarga besar SMAN 1 Situbondo. Ini adalah kesempatan kedua saya mengabdikan diri untuk SMASA, setelah pengabdian pertama saya pada tahun 1988 sebagai GTT. Kembalinya saya ke SMASA ini semakin menambah kedekatan emosional saya dengan sekolah ini. Mudah-mudahan dengan kedekatan ini membuat kita semakin dekat agar terus termotivasi dan bersinergi untuk memajukan SMASA bersama-sama.

Kedua, Tidak ada yang menyangkal bahwa SMASA merupakan sekolah terbaik di Situbondo. Fakta itu dapat kita lihat dari kualitas SDM, infrastruktur, dan KBM serta ekstrakurikuler sebagai sarana pengembangan yang terukur. Semua itu mampu membawa siswa SMASA meraih prestasi akademik dan non-akademik di kancah daerah, nasional dan internasional. Oleh karena itu, mari kita jaga setiap prestasi itu agar tetap dapat kita raih ke depan. Tingkatkan terus pelayanan kepada siswa.

Ketiga, saya bersyukur karena SMASA memiliki website resmi. Bagi saya, keberadaan website sekolah penting sebagai kanal penyuplai informasi resmi dari sekolah kepada publik. Pemberitaan tentang pencapaian dan prestasi itu penting ditulis dan disampaikan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian/ prestasi yang diraih baik oleh guru, staf, dan siswa SMASA. Selain itu, pemberitaan itu juga penting agar masyarakat, khususnya wali siswa dan alumni dapat menyimak perkembangan SMASA setiap harinya.

Keempat, saya berharap dengan adanya website ini juga terjalin hubungan antara sekolah dengan semua pihak (wali siswa dan alumni) agar tercipta kedekatan, kebersamaan, dan aspirasi-aspirasi untu saling menguatkan untuk SMASA.

Terakhir, semoga kita senantiasa bersama dalam kebaikan. Bekerja bersama, maju bersama untuk SMASA yang semakin berkibar.

Wassalamualaikum, War. Wab.

Drs. Winarto, M.Pd.
(Plt. Kepala SMAN 1 Situbondo)

Visi dan Misi SMAN 1 Situbondo

Visi

Menjadikan sekolah unggul yang ” BERKIBAR 

Misi
  1. Melaksanakan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga sekolah
  2. Melaksanakan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun)
  3. Melaksanakan pembelajaran yang partisipatif, aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
  4. Melaksanakan pembelajaran yang didukung sarana prasarana sesuai dengan perkembangan IPTEK
  5. Menjadikan lingkungan sekolah yang berwawasan wiyata mandala
  6. Melaksanakan kegiatan pencegahan pencemaran dan pengerusakan lingkungan untuk mewujudkan pelestarian lingkungan sekolah
  7. Melaksanakan kegiatan pembinaan intra, ekstra, dan kurikuler untuk meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik ditingkat nasional dan internasional
  8. Mengembangkan perpustakaan sekolah dan pembelajaran berbasis digital

“SMASA BERKIBAR” (SMASA Berkarakter, Kreatif, Inovatif, Berprestasi, Aktif, Religius)

Di Balik Sekolah Hebat, Terdapat Guru yang Hebat

SMAN 1 Situbondo memiliki pendidik terbaik dan berkualitas untuk menjamin terlaksananya proses pembelajaran yang berkualitas di SMAN 1 Situbondo

Tenaga Administrasi Kompeten

Memastikan pelayanan administrasi dan layanan publik di SMAN 1 Situbondo berlangsung dengan lancar dan tertib.

Sarana dan Prasarana

Dilengkapi sarana prasarana penunjang terbaik