Siswa SMASA Raih Juara II Duta GenRe Jawa Timur 2020

(Annisa(siswa tengah) peraih Juara 2. Dok: whyfrdn)

Siswa SMAN 1 Situbondo (SMASA) kembali berprestasi di ajang Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Jawa Timur 2020. Annisa Putri Chesillia Haq adalah siswa yang mengharumkan nama SMASA di ajang tersebut. Annisa, sapaan akrabnya, berhasil menyabet juara I.

Di dua edisi sebelumnya, siswa SMASA juga pernah meraih prestasi serupa. Pada tahun 2017, SMASA meraih terbaik I kategori putri dan terbaik II kategori putra. Sedangkan pada tahun 2019, SMASA meraih juara II kategori putri.

Annisa mengaku tidak menyangka mampu berprestasi di ajang yang digelar Badan Kependudukan Keuarga Berencana Nasional (BKKBN) tersebut. Apalagi, dia harus bersaing dengan siswa terbaik dari sejumlah sekolah di 38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

Sebelum dinobatkan sebagai terbaik kedua, Annisa harus melewati serangkaian penilaian secara virtual meliputi tes tulis, wawancara, voice your right, dan presentasi paper. Peserta yang lolos serangkaian tes tersebut dipilih 5 besar untuk mengikuti Grand Final Apresiasi Duta GenRe Jawa Timur.

Pencapaian prestasi tersebut, Menurut Annisa tidak lepas dari keikutsertaannya di organisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Annisa bergabung dengan PIK-R Ganesha SMASA sejak ia duduk di kelas X. “Syarat utama untuk dapat mengikuti seleksi Duta GenRe itu harus bergabung dengan PIK-R dulu,” ungkap Annisa.

PIK-R Ganesha SMASA merupakan satu-satunya Center of Excellence (CoE) PIK-R yang ada di Situbondo. Melalui organisasi tersebutlah, SMASA melahirkan siswa-siswi berprestasi khususnya di bidang pengetahuan tentang remaja berencana. “Saya menjadi tahu bagaimana menyiapkan keluarga sejak dini melalui konseling remaja. Saya berterima kasih kepada SMASA,” kata Annisa.

Kepala SMASA, Drs. Nurhidayat Yuliadi, M.Pd mengapresiasi pencapaian Annisa. “Saya bangga kepada Annisa sudah berkontribusi mengharumkan nama Situbondo. Khususnya SMASA,” tutur Pak Nur.

Nurhidayat juga menambahkan bahwa prestasi Annisa itu bukan hanya persoalan gengsi dan seremonial belaka. Tetapi diharapkan jadi pelecut semangat semua pihak untuk sadar tentang pentingnya merencanakan keluarga sejak dini. “Sebagai Duta GenRe, Annisa harus mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda milenial agar mampu merencanakan hidupnya dengan lebih baik,” ungkap Pak Nur.

Nurhidayat berharap ke depan ada perubahan pola piker remaja. Menurutnya, saat ini masih sering terjadi anak menikah di usia dini atau masih masa sekolah. Padahal, secara mental dan pemahaman belum siap. “Yang terjadi adalah perceraian dan akhirnya anak yang jadi korban,” tambahnya.

Terakhir, Nurhidayat berterima kasih kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana beserta jajarannya yang telah memberikan pembinaan kepada SMASA. “Berkat bimbingan dinas tersebut, PIK-R Ganesha SMASA dipercaya sebagai CoE atau percontohan di Situbondo. Oleh karena itu, SMASA akan terus berusaha dan berkomitmen mencetak bibit unggul melalui ajang-ajang yang positif seperti Duta GenRe ini,” pungkasnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top