Konsisten! SMASA Cetak Wirausahawan Muda melalui Program SPW

Melalui program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW), SMASA konsisten mendorong siswa-siswi untuk belajar berwirausaha. Konsistensi tersebut terus dijaga dengan diadakannya sosialisasi SPW bagi siswa-siswi SMASA pada Kamis, (28/10).

Dalam sambutannya, Drs. Nurhidayat Yuliadi, M.Pd mengatakan bahwa sekalipun SMASA bukan sekolah double track, beliau menyebut dengan adanya program SPW ini SMASA dapat dikatakan sebagai sekolah pencetak wirausaha.

“Selain membekali siswa-siswi dengan pengetahuan akademik melalui mapel Prakarya dan Kewirausahaan, SMASA juga punya Desa Binaan (Desbin) yang menjadi garda depan pembentuk karakter wirausaha. Anak-anak dibekali skill agar menjadi wirausahawan muda,” ungkapnya.

Pak Nur juga meminta siswa-siswi SMASA totalitas dalam melakukan kerja-kerja seorang wirausahawan. Karena menurut beliau setiap ketelatenan dan fokus akan membawa anak-anak dalam pencapaian berwirausaha yang maksimal.

“Saya berharap anak-anak yang berproses ini dapat terus berkembang sehingga menjadi wirausahawan muda yang mandiri,” lanjut Pak Nur.

Sementara itu, Pipit Luthfi W. S.Pd selaku Direktur SPW SMASA menjelaskan bahwa SPW dijalankan dengan sistem kerja yang profesional dan dinamis. Setiap siswa-siswi diajak untuk mengenal bentuk usaha dari yang terkecil hingga yang sudah berkembang bahkan besar.

“Tiap unit SPW dikelola, didampingi, dan dilindungi hingga siap menjadi wirausaha muda mandiri, dilatih wirausaha dari kecil menjadi besar, diberi saran dan solusi,” terang Bu Pipit.

Bu Pipit juga menjelaskan bahwa SPW sejalan dengan program sekolah yang menggembleng siswa-siswi SMASA agar menjadi pribadi yang mandiri.

“Mengikuti SPW ini, anak-anak harus berani mengambil risiko supaya menjadi lebih berani dan mandiri,” lanjutnya.

Selanjutnya acara berlangsung dengan sesi diskusi. Diskusi diisi oleh penyampaian tentang kewirausahaan dari Kabid Perindustrian Disperindag, Arifin Pria Utama, S.T., M.T. Beliau memimpin diskusi bersama seluruh peserta. Hal utama yang beliau sampaikan adalah pentingnya setiap wirausahawan untuk update pengetahuan tentang digitalisasi dalam rangka meningkatkan promosi serta income dari sebuah produk.

Penulis: Moh. Farhan, S.S.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print
SMASA

SMASA

SMAN 1 Situbondo merupakan salah satu sekolah favorit di Situbondo. Sekolah yang telah lama berdiri dengan 1001 prestasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top