Catatan Seputar LDK OSIS SMAN 1 Situbondo

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan acara yang dilaksanakan untuk melatih kepemimpinan dasar dalam berorganisasi. LDK dilaksanakan dari Jumat, 8 Oktober 2021 sampai Minggu, 10 Oktober 2021. LDK berada dibawah tanggung jawab 32 panitia yang bertugas. Sedangkan pesertanya terdiri dari 50 orang, yaitu 46 orang anggota OSIS dan 4 orang anggota MPK.

Rangkaian acara yang dilaksanakan saat LDK diantaranya apel pembukaan, cek kelengkapan peserta, pendirian tenda, sharing bersama pengurus tahun 2020/2021 dan pembina, lari dan senam pagi, persiapan serta pelaksanaan event yang dirancang adalah evaluasi panitia, penjelajahan, pengukuhan, dan outbound. Selain itu juga ada penyampaian materi administrasi oleh Pak Rudy, materi organisasi oleh Bu Pipit, dan materi kepemimpinan oleh Pak Nur.

Pak Nur Khoiron mengatakan bahwa acara ini penting untuk anak-anak dalam rangka menyiapkan mental kepemimpinan sejak dini. Karena menurut beliau karakter kepemimpinan harus ditempa terus-menerus dan berkelanjutan.

Saat apel pembukaan dimulai, beberapa peserta ada yang kurang fit sehingga beristirahat di UKS. Tetapi ada satu anak yang meninggalkan LDK terlebih dahulu karena kondisinya yang tidak kunjung membaik. Ada juga tiga anak yang dikukuhkan terlebih dahulu karena ada panggilan dari gereja. Untuk kondisi panitia baik, hanya kurang tidur karena jaga malam dan menyiapkan acara di esok harinya.

Di LDK kali ini, saya bertugas sebagai seksi acara. Menyusun konsep, mengkonsultasikan kepada pembina, dan bertanggung jawab dengan acara yang ada. Saat hari H, saya bertanggung jawab dalam pembacaan susunan kepanitiaan event dan bertugas sebagai penanggung jawab umum outbound bersama Egalita.

Penulis: Pinky Adelia Humairoh Syamsuri (Kelas XII MIPA 5)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print
SMASA

SMASA

SMAN 1 Situbondo merupakan salah satu sekolah favorit di Situbondo. Sekolah yang telah lama berdiri dengan 1001 prestasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top