Penuhi Tugas Akhir, Siswa KBC SMASA Gelar Pementasan Drama

Sebanyak 22 siswa dari Kelas Belajar Cepat (KBC) angkatan 2020 SMA Negeri 1 Situbondo menggelar pementasan drama berjudul “Kartini”, Senin (4/10). Pementasan drama tersebut merupakan tugas akhir siswa pada Mapel Bahasa Indonesia KD 3.19 materi drama.

Anis Istikhomah, S.Pd., Gr selaku salah satu pengampu mapel Bahasa Indonesia di kelas KBC mengatakan selain instruksi KD, pementasan drama tersebut adalah inisiatif untuk membagkitkan semangat berkarya siswa.

“Saya membebaskan anak-anak memilih naskah drama yang akan dipentaskan. Akhirnya anak-anak sepakat memilih naskah berjudul Kartini,” terang Bu Anis.

Menurut Bu Anis pemilihan naskah drama berjudul Kartini dinilai cukup tepat. Hal tersebut sejalan dengan harapan Bu Anis agar siswa selalu mengingat dan menerapkan narasi keteladanan dari tokoh bangsa.

“Pesannya tentu agar anak-anak mau meneladani sikap, pemikiran, dan gerakan-gerakan yang sudah dicontohkan oleh Kartini,” ungkap Bu Anis.

Bu Anis mengapresiasi semangat anak-anak KBC yang bersedia melaksanakan pementasan drama sekalipun dengan waktu yang sangat singkat.

“Persiapan anak-anak dari penentuan naskah, latihan hingga penampilan hanya 2 minggu. Alhamdulillah meskipun singkat hasilnya menurut saya cukup istimewa,” jelasnya.

Sementara itu Istimar, S.Pd selaku wakil ketua jurusan MGMP Bahasa Indonesia internal SMASA mengatakan pementasan drama tersebut merupakan semangat baru yang dibangun untuk menggeliatkan lagi aktivitas pementasan kreatif di SMASA.

“Ini bisa jadi motivasi untuk anak-anak yang lain yang ada di semester 1 sampai 3 belajar bagaimana melaksanakan penampilan drama yang mengesankan,” tutur Pak Is.

Menyikapi keberlanjutan kegiatan tersebut, Bu Anis menyampaikan akan melaksanakan pementasan drama secara berjenjang.

“Bisa jadi nanti sewa gedung lalu anak-anak di semester 1-3 bisa beli tiket untuk menonton sebagai perkenalan awal bagi mereka sebelum menempuh materi drama. Mudah-mudahan terlaksana,” pungkas Bu Anis.

Penulis: Moh. Farhan, S.S. | Foto:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print
SMASA

SMASA

SMAN 1 Situbondo merupakan salah satu sekolah favorit di Situbondo. Sekolah yang telah lama berdiri dengan 1001 prestasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top