SMASA Turut Sukseskan ANBK 2021

SMA Negeri 1 Situbondo melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021, Senin (27/9). Sesuai jadwal, pelaksanaan ANBK di SMASA berlangsung dari tanggal 27-28 September 2021. Sementara itu, peserta ANBK merupakan siswa dari kelas XI dengan rincian 45 siswa utama dan 5 siswa cadangan. 

Kepala SMASA, Drs. Nurhidayat Yuliadi, M.Pd mengatakan, diadakannya ANBK merupakan upaya pemerintah pusat untuk mengetahui karakteristik sekolah dilihat dari kemampuan siswa dalam hal kompetensi minimalnya.  

“Jadi ANBK ini bukan untuk menentukan kenaikan atau kelulusan siswa, melainkan kemampuan kompetensi dasarnya. Meliputi literasi, numerasi, kultur, sains, digital dan lain sebagainya. Nanti juga ada survei karakter dan survei lingkungan. Tapi tidak semua siswa, melainkan hanya sampel yang sudah ditentukan oleh pusat,” jelas Pak Nur.

“Hari ini soal-soalnya seputar literasi dan survei karakter. Kemudian untuk besok seputar numerasi dan survei lingkungan,” lanjut Pak Nur.

Sementara itu, masih menurut Pak Nur, menyikapi konten soal yang berbeda dengan soal-soal ujian nasional tahun-tahun lalu, SMASA sudah melakukan sejumlah langkah penyiapan siswa agar pelaksaan ANBK berlangsung sukses dan lancar. 

“Kami sudah melaksanakan sosialisasi kepada siswa dan orang tua siswa. Termasuk juga menggelar tryout sebanyak tiga kali. Tujuannya tentu supaya siswa mengenal karakteristik soal-soal ANBK karena kita tahu soal-soalnya berbeda dari ujian sebelum-sebelumnya,” tutur Pak Nur.

Sementara itu Eko Adi Harijanto, S.Pd selaku Waka Kurikulum SMASA mengatakan teknis pengawasan pelaksanaan ANBK 2021 menggunakan sistem pengawasan silang antar tiga sekolah.

“Sesuai kesepakatan di MKKS, ANBK menggunakan pengawasan silang yakni pengawas dari SMAN 2 Situbondo ke SMAN 1 Panarukan, sementara dari SMAN 1 Panarukan ke SMAN 1 Situbondo. Nah yang dari kita ditugaskan ke SMAN 2 Situbondo,” ungkap Pak Eko.

“Ujiannya berlangsung dari pukul 7.00 WIB hingga 09.00 WIB,” lanjut Pak Eko.

Pak Eko berharap siswa yang ikut dalam ANBK 2021 dapat melaksanakan ujian dengan baik.

“Melihat konten soal ujiannya kan tidak per mapel tetapi dilihat dari kemampuan literasi, numerasi, survei lingkungan dan karakter, ya mudah-mudahan siswa dapat melaluinya dengan baik, sehingga siswa terpilih tersebut dapat secara ril mewakili penilaian pusat terhadap SMASA.” harap Pak Eko.

Sementara itu Pak Nur juga berharap pasca ANBK 2021 ada tindak lanjut dari semua pihak di SMASA untuk membenahi mutu sekolah menjadi lebih baik lagi. 

“Dengan adanya ANBK ini kita bisa mengukur yang sebenarnya, seperti apa potret dari satuan pendidikan SMA ini terkait dengan kemampuan kompetensi minimal. Kita akan tahu dari kekurangan apa yang masih terjadi di sekolah kita melalui ANBK ini, kemudian setelah tahu kita akan merespons kekurangan tersebut dengan langkah-langkah perbaikan,” tutup Pak Nur.  

Penulis: Moh. Farhan, S.S. | Foto: Pradita Tiara Sumarsono, S.Pd

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print
SMASA

SMASA

SMAN 1 Situbondo merupakan salah satu sekolah favorit di Situbondo. Sekolah yang telah lama berdiri dengan 1001 prestasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top