Pendadaran Ekstrakurikuler, Pak Nur: Latihan Profesional

Kepala SMA Negeri 1 Situbondo, Drs. Nurhidayat Yuliadi, M.Pd membuka secara resmi acara pendadaran ekstrakurikuler, Sabtu (28/8). Bertempat di Aula SMASA, acara pendadaran diikuti oleh pembina dan sejumlah delegasi dari semua ekstrakurikuler SMASA.

Dalam sambutannya, Pak Nur mengajak peserta pendadaran untuk bersemangat dan mengikuti acara pendadaran sampai selesai. Pak Nur juga menjelaskan bahwa mengikuti ekstrakurikuler adalah pilihan yang tepat.

“Keputusan anak-anak untuk mengikuti ekstrakurikuler adalah pilihan yang pas. Karena dengan mengikuti ekstra, minat-bakat kalian dapat terus dikembangkan,” tegas Pak Nur.

Keikutsertaan siswa dalam ekstra kadang kala melalaikan hal-hal akademik yang substansial. Menyikapi hal tersebut Pak Nur mengingatkan siswa peserta pendadaran untuk bersikap profesional.

“Tantangan mengikuti ekstra ada pada kelihaian mengatur waktu. Artinya, anak-anak harus pintar membagi waktu antara belajar formalnya dengan ekstranya. Jangan sampai keduanya saling menjadi beban yang kemudian membuat lalai. Di sinilah kalian belajar profesional sejak dini,” ungkap Pak Nur.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tugas-tugas substansial dalam berorganisasi atau ekstra. Mas Rudy Hartono, S.Kom selaku pemateri menjelaskan hal-hal administratif dalam ekstra. Mulai dari menyiapkan program kerja, laporan kegiatan, proposal, LPJ dan lain sebagainya.

Setelah isoma pada pukul 11, peserta kembali ke aula untuk mengikuti kegiatan praktik, yakni menyusun program kerja sesuai visi-misi ketua dan pengurus masing-masing ekstra. Setelah itu, program yang sudah disusun dikumpulkan kepada pengurus OSIS.

Penulis: Moh. Farhan, S.S. | Foto: Reza Maulana (SS)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top