Rafli: Dari SMASA untuk Paskibraka Jatim 2021

SMA Negeri 1 Situbondo konsisten melahirkan siswa-siswi berbakat. Baik pada level akademik maupun non-akademik. Terbaru, Rafli Mahastra Putra, siswa kelas XII IPS 3 SMASA terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Jawa Timur 2021. Rafli merupakan satu-satunya putra Situbondo yang terpilih dalam Tim Paskibraka Jatim menyambut Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

Redaksi web SMASA berkesempatan mewawancarai Rafli, dua hari sebelum ia berangkat ke Surabaya untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Tim Paskibraka Jatim 2021.

Bagaimana proses seleksi Paskibraka yang Rafli ikuti?

Awalnya saya mendapat surat dari sekolah bahwa ada seleksi Paskibraka. Saya bersemangat sekali dan berminat ikut. Saat itu, seleksi awal dilaksanakan pada Januari 2020. Alhamdulillah saya terpilih 5 besar setelah menyisihkan sebanyak 70 peserta dari sekolah lain.

Pada Februari 2020, 5 besar ini disaring lagi menjadi 3 besar. Nah, 3 besar inilah yang nantinya akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Jatim. Yang dipilih cuma 1. Alhamdulillah saya yang terpilih dari Situbondo.

Pelaksanaan upacara bendera pada HUT RI tahun lalu kan ditiadakan karena dampak corona. Lantas, seperti apa kelanjutan seleksinya?

Akhirnya ya seleksi dari awal lagi. Yang tahun 2020 dianggap selesai dan tidak ada pelaksanaan upacara di provinsi. Nah beruntung bagi saya, pada tahun 2021 ini saya tidak perlu lagi mengikuti seleksi dari tingkat kabupaten. Saya ingat pada Maret lalu saya mendapat surat undangan dari Dinas Pariwisata Situbondo. Dalam surat tersebut menyatakan bahwa saya dipilih sebagai perwakilan Situbondo untuk ikut seleksi Paskibraka Jatim 2021. Wah itu.. saya sangat senang karena dapat kesempatan kedua.

Kapan pelaksanan seleksi di provinsi?

Bulan Mei. Seleksinya di Gedung Islamic Center, Surabaya.

Peserta yang lolos berasal dari mana saja?

Semua kabupaten dan kota se-Jatim.

Apa saja tes yang harus dijalani Rafli?

Pertama pengukuran tinggi dan berat badan. Kemudian ujian tulis dan tes psikologi. Dilanjutkan wawancara menggunakan bahasa Inggris dan wawasan kebangsaan. Selajutnya ada tes kesehatan mulai dari lari, sit up, push up, pull up, dan shuttle rum. Terakhir adalah tes baris-berbaris.

Apakah ada kendala saat mengikuti rangkaian tes tersebut?

Alhamdulillah tidak ada, Pak. Semuanya bisa saya jalani dengan lancar.

Apa tipsnya?

Persiapan yang matang. Empat bulan saya menyiapkan latihan baik fisik dan pengetahuan. Bersama ayah, saya tiap pagi selepas subuh dan sore dilatih pernapasan, lari, dan teknik langkah kaki.

Selain itu?

Perbanyak berdoa. Oiya terutama doa atau restu orang tua. Saya bersyukur orang tua saya merestui saya karena bagi saya dukungan dari orang tua itu mutlak harus ada.

Apa kesan keluarga saat tahu Rafli lolos Paskibraka Jatim 2021?

Tentu sangat senang dan lega karena akhirnya saya mampu juga. Keluarga besar saya sangat senang. Guru-guru dan teman-teman saya mengucapkan selamat. Saya sangat berterima kasih untuk semuanya.

Kapan rencananya berangkat ke Surabaya?

Tanggal 5 Agustus saya menghadap Bupati dulu untuk izin dan minta restu untuk berangkat, Pak. Nah tanggal 6 saya berangkat ke Surabaya untuk pemusatan latihan hingga tanggal 17 Agustus. 

Apa pesan Bupati kepada Rafli?

Bupati meminta saya untuk selalu menjaga dan mengharumkan nama Situbondo. Beliau juga berdoa agar saya diberi keselamatan dan kelancaran selama pemusatan latihan dan pelaksanaan. 

Terakhir, apa yang ingin Rafli sampaikan untuk SMASA?

Saya bangga menjadi siswa SMASA. Terima kasih guru-guru saya. Saya meminta doa dari beliau-beliau agar saya dapat melaksanakan tugas ini dengan baik. Dan mengharumkan nama almamater saya, SMASA tercinta. 

Penulis: Moh. Farhan, S.S. | Foto: Muhammad Ridho Utomo.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top