Desbin SMA Negeri 1 Situbondo Raih Medali Perak di Ajang Youthpreneur Competition 2021

Desa Binaan (Desbin) SMASA meraih prestasi membanggakan dalam Kompetisi Pengusaha Muda tingkat Internasional 2021. Tidak tanggung-tanggung, Desbin meraih medali perak pada ajang yang dikuti oleh perserta dari sejumlah universitas ternama dalam dan luar negeri.

“Kami satu-satunya peserta dari tingkat SMA yang mengikuti lomba tersebut,” ungkap Nadya, salah satu anggota tim Desbin.  

Pada acara yang digelar oleh Universitas Podomoro tersebut, Desbin SMASA mendelegasikan 3 siswa yakni Cessylia Tri Januarista dari XII MIPA 1 sebagai ketua tim,  Daniyah Nabila Riyanti Putri dari XI MIPA 1 KBC dan Nadya Az Zahra Prabowo dari XI MIPA 3 sebagai anggota tim.

Tim Desbin SMASA membawa produk unggulannya yakni “D’Coffe” sebagai produk yang dilombakan. “D’Coffe” merupakan minuman masa kini dengan komposisi perpaduan kopi arabica dan gula aren. Dua bahan dasar “D’Coffe” tersebut diperoleh dari dua desa binaan yang didampingi Desbin SMASA, kopi arabika dari Curah Tatal dan gula aren dari Sumberargo. 

Tim Desbin SMASA lolos serangkaian seleksi mulai dari registrasi, unggah bahan presentasi, hingga wawancara. Semua tahapan seleksi tersebut digelar secara virtual. Hebatnya, presentasi produk dan wawancara dilaksanakan memakai bahasa Inggris. Nadya mengaku tidak ada kendala dalam proses wawancara saat itu.

“Alhamdulillah presentasi dari kami tidak menemui kesulitan apapun. Panitia dan dewan juri mengerti apa yang kami sampaikan,” tutur Nadya.

Nadya juga berharap pencapaian tersebut semakin memacu semua kalangan muda di Situbondo khususnya Desbin SMASA untuk terus berkreasi dengan membuat inovasi produk yang mendulang prestasi. 

“Pencapaian ini harus jadi pelecut semangat untuk terus meningkatkan jiwa enterpreneur kita generasi muda. Sehingga nanti kita juga mampu jadi pengusaha sukses untuk meningkatkan mutu SDA dan SDM,” pungkasnya.

Pencapaian ini merupakan kado istimewa di Hari Ulang Tahun ke-60 SMASA. Tim Desbin mengaku senang karena dapat memberikan kado berupa prestasi medali perak dalam ajang bergengsi tersebut. Pencapaian ini semakin mengukuhkan SMASA sebagai sekolah yang terus berkibar, sebagaimana taglinenya: SMASA BERKIBAR.

Penulis: Moh. Farhan, S.S. | Foto: Wahyu Ferdian, S.Pd.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

1 thought on “Desbin SMA Negeri 1 Situbondo Raih Medali Perak di Ajang Youthpreneur Competition 2021”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top