Sejarah

 

          Sampai pada tahun 1961 Kabupaten Situbondo belum memiliki satupun SMA Ne­geri. Satu-satunya SMA Negeri ini pada mulanya SMA Swasta yang oleh masyarakat disebut SMA ABC karena memiliki 3 jurusan, yaitu: A=Jurusan Bahasa/Bu­daya, B=Jurusan Ilmu Pasti/Ilmu Pengetahuan Alam dan C=Jurusan Sosial. Sekolah SMA Swasta ini didirikan secara gotong royong oleh masyarakat dan menempati gedung di Jl. Moh. Seruji yang saat ini ditempati SDN Patokan XI (SD Brawijaya). Prasasti peresmiannya dapat kita lihat pada dinding di sekolah ini. Berdirinya SMA ini atas prakarsa Bpk.Suryadi dengan mendapat restu dari Bupati R. S. BRATANINGRAT dan Perwira Distrik Militer 1902 Kapten HARDJO SOENARSO serta Kepala Polisi Resort Situbondo M. SATOPO. Kepala Sekolah pertama adalah Bpk. Suryadi.

 

          Pada tahun 1961 SMA 1 Situbondo ini dijadikan Kelas Paralel SMA Bondowoso, disahkan semenjak 1 Agustus 1961 bersama SMA Tuban yang merupakan kelas paralel SMA BOJONEGORO, serta SMA Nganjuk merupakan kelas paralel SMA 1 Madiun dan SMA Magetan yang merupakan kelas paralel SMA 2 Madiun. Peresmian dilakukan oleh Kepala Departemen PP dan K Daerah Jawa Timur MOH. ABDUL NOER BAMBANG. Kelas paralel tersebut akhirnya berpisah dari Induknya pada tahun 1963 dan secara difinitif menjadi SMA Negeri Situbondo dengan Kepala Sekolah Drs. Hoemaidi dari Bojonegoro.

 

          SMA Negeri ini menem­pati gedung baru di Jl. P.B. Sudirman 5A Situbondo, tanah milik Balai Penyelidikan Perusahaan Perkebunan Gula (BP3G) di Pasuruan. Pada tahun 1976 di Situbondo dibangun dan diresmikan berdirinya SEKOLAH MENENGAH PEMBANGUNAN PERSIAPAN (SMPP) yang terletak di Jl. Anggrek 1 Situbondo. Kepala Sekolahnya adalah Bpk. KAMALHOEDI, BA. dari Bondowoso yang sekaligus juga merangkap sebagai kepala SMA Negeri Situbondo. Terhitung sejak 1 Pebruari 1981 Kepala SMA Negeri Situbondo diserakan kepada Bpk. Drs. BAGJANA yang berasal dari SMPP Lumajang. Sedangkan Bpk. Kamalhoedi tetap memimpin SMPP, hingga tahun 1985. Dalam perkembangan selanjutnya tahun 1986 SMPP berubah menjadi SMA 2.

 

          Dengan demikian di kecamatan Situbondo terdapat 2 SMA Negeri. SMA Negeri menjadi SMA Negeri 1 Situbondo. Sesuai dengan Kurikulum Sekolah Menengah tahun 1994 nama SMA berubah menjadi SMU Negeri 1. Pada akhir tahun 2003 nama SMU kembali berubah menjadi SMA.

Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
340412 Total Hits Halaman
66410 Total Pengunjung
246 Hits Hari Ini
62 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online