Pelaksanaan Qurban di SMAN 1 SITUBONDO

Diposting pada: 2016-02-02, oleh : SMA NEGERI 1 SITUBONDO, Kategori: Kegiatan Siswa

 

Qurban merupakan salah satu ibadah yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW yang asal muasalnya dari kisah Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S. Kata Qurban berasal dari bahasa Arab diambil dari kata “Qaruba” yang artinya mendekati atau menghampiri. Menurut istilah, Qurban adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT baik berupa hewan sembelihan maupun yang lainnya.

 

Hukum Qurban adalah Sunnah Mu’akkad dan merupakan syiar yang nampak bagi setiap muslim yang mampu untuk melestarikannya. Qurban dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah tepatnya setelah Sholat Idul Adha sampai tanggal 13 Dzulhijjah.

 

Pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah 1436 H atau 24 September 2015 M, SMAN 1 SITUBONDO melakukan kegiatan Penyembelihan hewan Qurban dengan menyembelih 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing serta dibagikan kepada warga di sekitar SMAN 1 SITUBONDO yang  kurang mampu. Tujuan kegiatan ini untuk menanamkan rasa peduli terhadap sesama dan sebagai pelatihan bagi semua siswa Untuk berqurban.

 

      


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • global qurban
    2016-04-14

    semoga dengan memahami hikmah-hikmah qurban semakin banyak yang tergerak dan sadar bahwa melaksanakan qurban adalah ibadah yang memiliki manfaat besar dalam sosial kemanusiaan jazakumullah khoir

Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
341202 Total Hits Halaman
66646 Total Pengunjung
162 Hits Hari Ini
35 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online