The Coffee Queen 2015

Diposting pada: 2015-09-25, oleh : SMA NEGERI 1 SITUBONDO, Kategori: Berita

 

Pemilihan Ratu Kopi dilatarbelakangi oleh potensi kopi di daerah Situbondo yang ingin dikembangkan serta didukung oleh lahan perkebunan kopi di Situbondo merupakan yang terluas dibagian agro timur dibandingkan daerah lainnya (Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso). Ide pemilihan Ratu Kopi 2015 ini muncul dari pemikiran Bapak H. Dadang Wigiarto (Bupati Situbondo). Ratu Kopi 2015 merupakan ajang yang pertama kalinya diselenggarakan di Situbondo dan satu-satunya di Jawa Timur. Pemilihan Ratu Kopi 2015 diselenggarakan oleh Kantor Lingkungan Hidup Situbondo.

 

Jumlah peserta yang mendaftarkan diri di ajang pemilihan ini adalah sebanyak 47 orang peserta, namun yang memenuhi syarat seperti tinggi badan dan umur ada 25 orang. 25 peserta tersebut mengikuti beberapa tes untuk lolos sebagai 10 finalis Ratu Kopi 2015. Tes tersebut meliputi tes tulis sebanyak 25 soal (20 pilihan ganda dan 5 essay) dalam waktu 30 menit, kemudian peserta memasuki ruang tes wawancara meliputi kepribadian, pengetahuan tentang kopi dan wawancara bahasa inggris. Setelah itu peserta diwajibkan melakukan parade di depan dewan juri. Setelah semua rangkaian tes selesai, maka diambilah 10 finalis terbaik. 2 siswa SMAN 1 Situbondo berhasil masuk dalam 10 finalis dan mengikuti karantina.

 

Setelah terpilih, 10 finalis ini menjalani serangkaian kegiatan karantina yang dilakukan selama 3 hari (27 Mei 2015 - 29 Mei 2015). Selama karantina, 10 finalis diberi materi tentang kopi agar lebih mengetahui segala hal tentang kopi seperti proses pembuatan kopi, perbedaan macam-macam kopi, kualitas kopi khususnya kopi Situbondo, dan lain-lain. Selain itu diberi juga materi tentang kepribadian seorang wanita seperti bersikap yang baik nan anggun, cara berbicara antar orang maupun di depan umum. Hari pertama karantina dilakukan di Wisma Rengganis, hari kedua dilaksanakan di Villa Desa Kayumas Kec. Arjasa hingga acara malam Grand Final, di hari ketiga yang bertempat di Pabrik Perkebunan Kopi Kayumas.

 

SMA Negeri 1 Situbondo memperoleh :

 

Juara 2 dimenangkan oleh Cindy Fladelia R.

 

Juara Persahabatan dimenangkan oleh Amanda Meisandy R.

 

Esok harinya 10 finalis diajak touring dengan rute Desa Kayumas - Jampit – Kawah Wurung -Ijen – Desa Kebangsaan – Taman Nasional Baluran bersama 50 mobil ranger dari komunitas Double Cabin Indonesia yang berasal dari Semarang, Jogja, Bali, Malang dan kota-kota lainnya di Indonesia.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
329894 Total Hits Halaman
63390 Total Pengunjung
60 Hits Hari Ini
31 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online